Pengertian Fungsi Macam Dan Bahan Pembuatan Teralis




Pengertian Fungsi Macam Dan Bahan Pembuatan Teralis


Pengertian Fungsi Macam Dan Bahan Pembuatan Teralis

Pengertian Teralis atau Tralis  

Teralis adalah konstruksi besi yang dipadu menjadi suatu pengaman sekaligus hiasan pada dekorasi rumah, gedung dan sebagainya.

Macam-Macam Teralis:
1. Teralis Pintu
Teralis pintu dipasang dan disesuaikan dengan bentuk pintu yang ada, sehingga selain pintu aman dari pembobolan, juga pintu terlihat indah dan mempesona.
2. Teralis Jendela 

Teralis jendela sesuai dengan namanya, bahwa tralis dapat dipasang di jendela sebagai pengaman sekaligus hiasan dekorasi rumah sesuai tipe atau jenis rumah yang ada, baik minimalis, rumah, gedung, villa, dan lain-lin.
Teralis merupakan suatu aksesoris tambahan yang biasanya sering digunakan pada jendela kaca di dalam rumah. Penggunaan teralis pada jendela rumah berguna sebagai pagar pembatas agar dapat meminimalkan ancaman tidakan kriminal yang dapat membahayakan keselamatan penghuni rumah. Teralis pada jendela rumah juga memiliki manfaat lainnya yakni berguna untuk memperindah dan mempercantik interior rumah. Seiring berjalannya waktu teralis minimalis sudah sangat banyak tersedia dengan berbagai macam design dan model yang dapat anda pilih untuk dipasangkan di jendela rumah.

Model teralis jendela minimalis yang biasanya sering dipakai pada rumah ialah yang memiliki warna netral seperti hitam, abu-abu, putih ataupun silver. 

Saat ini banyak sekali rumah minimalis yang juga menggunakan teralis ini sebagai teralis rumah mereka. Model teralis minimalis memang sangatlah simple dan tidak rumit, meskipun begitu tampilan teralis jendela tersebut tidak akan terlihat kuno karena biasanya teralis jendela yang minimalis tetap mempertahankan kesan elegannya. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai teralis rumah minimalis. Maka berikut ini akan dipaparkan beberapa hal yang berikaitan dengan teralis jendela yang minimalis.

 

Fungsi Teralis Jendela Minimalis

Teralis rumah memiliki banyak fungsi, selain dapat meminimalisir rumah dari ancaman tindakan kriminal, juga memiliki fungsi lain. Berikut ini akan ada beberapa fungsi dari teralis rumah minimalis, yaitu :

Teralis berfungsi sebagai salah satu dekorasi interior rumah, dengan memiliki motif yang menarik dan unik maka teralis jendela tersebut akan membuat tampilan dalam rumah Anda semakin cantik serta mewah.
Teralis berfungsi sebagai keamanan rumah, dengan menggunakan teralis pada jendela rumah ataupun kamar anda maka akan membuat penjahat ataupun pencuri yang ingin masuk ke dalam rumah Anda akan lebih sulit, karena tidak dapat masuk melalui jendela rumah.
Teralis berfungsi sebagai sarana pertukaran udara pada saat anda membuka jendela rumah sehingga udara di dalam rumah akan tetap bersih.
Teralis berfungsi sebagai pelindung kaca, dengan menggunakan teralis minimalis maka saat ada anak kecil yang bermain di dalam rumah akan membuat kaca jendela lebih aman dari risiko mengalami keretakan ketika terkena lemparan mainan dari dalam atau sebagainya.

 

Bahan Pembuatan Teralis Jendela Minimalis

Bahan yang digunakan untuk pembuatan teralis jendela minimalis yang biasa digunakan ialah besi. Kayu memang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan teralis jendela rumah, akan tetapi penggunaan bahan kayu mempunyai kekurangan karena lebih mudah untuk rusak. Seiring berjalannya waktu penggunaan teralis jendela rumah berbahan kayu sedikit-sedikit telah digantikan dengan penggunaan teralis jendela rumah yang berbahan besi. Penggunaan bahan besi untuk pembuatan teralis rumah memang akan membuat teralis jauh lebih kuat dan tahan lama ataupun tidak mudah untuk rusak. Model teralis jendela yang terbaru biasanya lebih difokuskan pada model yang sederhana, akan tetapi mampu bekerja sesuai dengan fungsinya, yakni tidak dapat dimasuki oleh orang secara paksa dan juga tidak membuat keadaan rumah terlihat seperti kurungan ataupun penjara.

Besi merupakan salah satu bahan yang sangat mudah untuk dibentuk, yang dapat di sesuaikan bentuk atau model teralis  yang sesuai dengan keinginan konsumen. Model dan harga teralis besi memang sangat banyak, ada yang memiliki model lingkaran yang berbentuk bunga yang bisa anda lihat pada besi tempa serta ada juga model ulir yang dapat memberikan kesan yang elegan dan simple pada jendela rumah Anda. Meskipun bahan besi sangat kuat dan tahan lama namun bahan ini juga mempunyai kekurangannya yakni dapat mengalami perubahan warna, apalagi jika terdapat banyak sekali debu atau kotoran yang menempel pada teralis tersebut maka akan membuat anda kesulitan saat membersihkannya.

 

Cara Merawat Teralis Jendela Minimalis

Cara merawat teralis jendela minimalis rumah yaitu dengan membersihkannya secara rutin dengan menggunakan lap lembab, agar kotoran yang menempel pada teralis. Anda juga harus mewaspadai air hujan agar tidak terkena teralis jendela rumah Anda, tujuannya agar tidak karatan. Cara lain untuk merawat teralis jendela rumah anda ialah dengan melapisi teralis jendela dengan menggunakan cat anti karat. Namun ada baiknya Anda juga memperhatikan pemilihan warna cat karena hal ini juga dapat mempengaruhi tampilan model teralis jendela minimalis yang ada di rumah anda karena harga teralis jendela minimalis tidaklah murah.

 

Cara Membeli Teralis Jendela Agar Tidak Tertipu

Bagi anda yang ingin membeli teralis minimalis sebaiknya:

1. Membeli teralis pada perajin yang dapat dipercaya
2. Sudah berpengalaman dalam pembuatan teralis jendela rumah. 
3. Pembuat teralis telah dikenal banyak orang
4. Jangan mudah percaya kepada pedagang yang menjual teralis minimalis dengan harga sangat murah, patut di waspadai bahan yang digunakan untuk pembuatan teralis sudah tidak layak digunakan. 
5. Bagi anda yang tidak ingin membeli teralis yang di jual di toko bangunan, sebaiknya Anda  pesan secara langsung kepada ahlinya. 
Baca juga: Tips cerdas memilih teralis jendela rumah yang aman.

Demikian artikel mengenai pengertian fungsi macam dan bahan pembuatan teralis, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermamfaat.
Pengertian Fungsi Macam Dan Bahan Pembuatan Teralis Pengertian Fungsi Macam Dan Bahan Pembuatan Teralis Reviewed by Admin on Desember 15, 2018 Rating: 5